Tuesday 28 April 2015

Underpass solo banjir

SUKOHARJO - Jalur di Underpass Makamhaji di Desa Makamhaji, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo yang merupakan penghubung dengan Kota Solo lumpuh total akibat banjir dan kerusakan jalan. Akibat kejadian tersebut terjadi pengalihan arus yang menyebabkan penumpukan kendaraan disejumlah titik.

Underpass Makamhaji yang berada di Jalan Slamet Riyadi sejak Sabtu (25/4/2015) sampai Senin (27/4/2015) belum teratasi. Sebab banjir di terowongan sangat dalam dengan ketinggian air satu meter lebih. Kendaraan tidak bisa melintas dan harus memutar arah baik dari Sukoharjo ke Solo atau sebaliknya.

Sutarmi salah satu warga Desa Makamhaji mengaku, arus kendaraan dari Solo atau sebelah Timur menuju ke Makamhaji Kartasura terpaksa diputar melalui jalur Desa Mayang ke Desa Ngemplak baru menuju ke Kartasura. Sedangkan dari Jalan Slamet Riyadi Makamhaji Kartasura menuju ke Kota Solo dilewatkan melalui pertigaan Carrefour ke trafficlight kampus UMS menuju Kleco Kota Solo. 

Selain itu juga ada pengalihan arus menuju ke jalan kampung di Gobayan dan Butulan Desa Makamhaji. Namun kondisi tersebut justru mendapatkan banyak keluhan baik pengguna jalan maupun warga sekitar.

“Jalan di Gobayan dan Butulan sudah rusak parah juga dikarenakan jadi jadi jalan alternatif masyarakat, dan sekarang dipakai lagi setelah Underpass Makamhaji banjir dan ditutup,” ujar Sutarmi.

Warga lainya, Mariman mengatakan, warga meminta kepada pemerintah pusat agar melakukan perbaikan di Jalan Gobayan dan Butulan. Sebab kerusakan tersebut juga disebabkan karena dipakai sebagai jalur alternatif.

Sementara penutupan jalan di Underpass Makamhaji membuat masyarakat mengeluh. Sebab mereka tidak tahu dan baru mengetahui saat melintas.

“Saya mau ke Solo biasanya lewat Underpass Makamhaji ini tapi sekarang ditutup karena banjir dan harus memutas jelas menyita banyak waktu,” ujar Agus Suripto salah satu pekerja.

Kepala Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi (Dishubinfokom) Sukoharjo R.M. Suseno mengatakan, pengalihan arus lalu lintas terpaksa harus dilakukan. Sebab Underpass Makamhaji ditutup total sejak tiga hari lalu akibat banjir.

Atas kejadian tersebut Dishubinfokom Sukoharjo sudah memasang rambu petunjuk arah. Selain itu juga menempatkan sejumlah petugasnya. (Ris)

 

No comments:

Post a Comment